Wed. May 25th, 2022

udah pada masuk perkuliahan belum nih? Mumpung tetap awal nih, sebelum saat perkuliahan berlangsung, kita dapat mengajak anda untuk mengkaji lebih di dalam perihal KRS.

Mungkin bagi mahasiswa baru, KRS sangat asing di telinga kalian. Gak pernah dengar pembahasan perihal KRS selagi era SMA kan? Biar anda gak makin penasaran, yuk kita bahas bareng perihal apa sih memang KRS itu?

 

Apa sih KRS itu?

KRS atau Kartu Rencana Studi, merupakan sebuah kartu rencana studi yang biasa anda dapatkan di awal perkuliahan. Tujuan dari rancangan pengambilan mata kuliah ini didasarkan oleh jurusan yang udah anda ambil.

Penggunaan KRS ini sangat mutlak untuk mahasiswa lho. Mahasiswa yang laksanakan KRS ini datanya dapat tercatat bersama baik sebelum saat memasuki perkuliahan. Data-data berikut terasa dari nama mahasiswa, nomer induk mahasiswa, fakultas, semester sekarang, foto mahasiswa, sinyal tangan serta cap persetujuan dosen wali.

 

 

 

Apa sih kegunaan dari KRS ini?

Fungsi dari KRS ini sangat mutlak bagi perjalanan perkuliahan mahasiswa. Adanya KRS ini sangat mutlak sebagai kegunaan mutlak untuk sesuaikan perkuliahan selagi semester berlangsung.

KRS ini tandanya mahasiswa berikut aktif mengikuti perkuliahan. Jika tidak terekam di di dalam KRS, kebanyakan mahasiswa tengah cuti atau off perkuliahan. Jadi jangan serampangan ya. Kalau hingga anda gak terdaftar di dalam KRS ini, maka anda diakui tidak mengikuti perkuliahan sepanjang satu semester. Jadi mampu diambil kesimpulan jikalau KRS ini sangat penting, agar kegiatan perkuliahan mampu terjadi sebaik mungkin.

 

 

Nah, gimana sih cara mengisi KRS yang benar?
Mengisi KRS mampu dilaksanakan bersama dua cara, yakni bersama cara manual dan online. Namun biar anda gak bingung di dalam mengisi KRS, yuk kita bahas bareng-bareng.

1. Cara pengisian manual

Proses pengisian KRS manual kebanyakan dilaksanakan bersama laksanakan data-data fisik bulai dari dokumen cetak dan laksanakan pengecekan data bersama pihak kampus. Nantinya, pihak universitas dapat menuliskan dokumen KRS berikut dan kemudian diberikan kepada pihak akademik kampus.

2. Cara pengisian KRS online

Proses pengisian KRS online kebanyakan dilaksanakan bersama jaringan internet. Sebagai mahasiswa, anda tinggal menentukan saja mata kuliah yang dapat anda ambil.

Namun biasanya, mahasiswa baru gunakan sistem paket, makanya mampu segera memandang daftar mata kuliah tersebut.

Buat anda yang gunakan KRS online di siAkad, caranya mudah lho. Yuk kita bahas di sini ya.

Lakukan login pada sistem siakadcloud.com
Setelah laksanakan login, menentukan laman informasi.
Lalu menentukan kelas yang udah dibuka
Pilih kelas sesuai yang diinginkan
Lakukan filter kelas, lalu simpan KRS
Ajukan KRS pada dosen wali atau PA (Pembimbing Akademik)
Tunggu KRS hingga divalidasi oleh anggota akademik.

 

Sumber : Kampus Profetik

By toha